Skuad Garuda sementara unggul 1-0 atas Vietnam

ZQSCORE.NEWS – Timnas Indonesia untuk sementara memimpin atas Vietnam dalam laga fase grup Piala 2023 yangg berlangssung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Jumat 19/1/23. Timnas Indonesia unggul 1-0 atas Vietnam di babak pertama laga Grup D Piala Asia 2023 berkat gol Asnawi Mangkualam.

Indonesia menyerang Vietnam sejak awal pertandingan. Indonesia pun langsung mendapatkan peluang melalui Rafael Struick yang menerobos ke kotak penalti dan melepaskan tembakan keras, sayang tembakannya masih bisa ditepis Filip Nguyen.

Serangan dari sayap, khususnya sisi kiri melalui umpan silang Pratama Arhan jadi andalan Indonesia pada awal-awal pertandingan.

Pada menit kedelapan Struick kembali memiliki momen melepaskan placing kaki kanan. Tetapi tendangannya ke pojok kiri atas gawang Vietnam yang dituju Struick sedikit melenceng.

Indonesia bertahan dengan solid selama 15 menit pertama pertandingan berjalan. Jarak yang terlalu jauh antarlini Vietnam membuat serangan The Golden Star Warriors tidak terlalu berbahaya bagi Skuad Garuda.

Vietnam coba memberikan ancaman serius kepada Indonesia pada menit ke-20 melalui skema set piece tendangan bebas. Nguyen Tuan Anh lalu melepaskan tendangan voli kaki kanan dari depan kotak penalti, namun membentur salah satu pemain Indonesia dan menghasilkan sepak pojok.

Indonesia sejatinya bisa menguasai permainan dan menyerang hingga depan kotak penalti Vietnam. Akan tetapi final pass atau umpan kunci yang baik jadi masalah untuk Tim Merah Putih.

Minimnya umpan kunci membuat Indonesia kesulitan memberikan ancaman serius kepada Vietnam. Selain umpan kunci, finishing touch juga cukup jadi kendala. Salah satunya tembakan kaki kiri Sandy Walsh pada menit ke-30 yang masih terlalu lemah sehingga mudah ditangkap Filip Nguyen.

Nguyen Van Tung menusuk hingga kotak penalti Indonesia usai melewati Justin Hubner pada menit ke-31. Beruntung ada Jordi Amat yang langsung membuang bola.

Sandy Walsh nyaris membawa Indonesia unggul pada menit ke-37 jika sundulannya ke pojok kiei bawah gawang Vietnam tidak ditepis Filip Nguyen.

Walsh memaksimalkan umpan silang Justin Hubner dengan baik. Pemain KV Mechelen ini juga mengarahkan bola dengan tepat, tetapi Filip dalam posisi yang tepat dan dengan refleks yang mengesankan dalam menepis bola.

Peluang Indonesia mencetak gol tercipta pada menit ke-40 setelah Rafael Struick dilanggar Nguyen Thanh Binh. Indonesia dapat penalti.

Kapten Asnawi Mangkualam yang jadi eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik. Tendangan kaki kanan Asnawi ke sisi kiri gawang Vietnam mengecoh Nguyen Filip yang bergerak ke kiri. Indonesia unggul 1-0 pada menit ke-42

Sampai babak pertama usai, Indonesia unggul 1-0 atas Vietnam.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts