Vietnam Terhenti di Perempatfinal Piala Asia U-23 2024 Setelah Ditahan Irak, Indonesia Wakil Asia Tenggara Yang Melaju ke Semifinal

ZQSCORE.NEWS – Timnas Vietnam U-23 harus mengakhiri perjalanannya di Piala Asia U-23 2024 setelah dikalahkan Irak dengan skor tipis 1-0.
Pertandingan yang berlangsung di Stadion Jassim bin Hamad pada Sabtu dini hari WIB tersebut meninggalkan banyak sorotan dan kontroversi terkait dengan keputusan wasit, terutama dalam pemberian penalti yang menjadi titik balik kemenangan bagi Irak.

Satu-satunya gol dalam pertandingan tersebut tercipta pada menit ke-64 melalui tendangan penalti yang dieksekusi oleh Ali Jasim. Keputusan penalti ini diambil setelah intervensi VAR yang kontroversial, menyusul pelanggaran yang dilakukan oleh kiper Vietnam, Van Chuan Quan, terhadap Nihad Muhammad Owaid.

Pada tayangan ulang, terlihat bahwa tangan Chuan Quan sedikit menyentuh pundak kiri Nihad sebelum pemain Irak tersebut terjatuh. Namun, perdebatan muncul karena sentuhan bola pertama Nihad terlalu keras sehingga bola akan keluar dari area berbahaya andai tidak ada intervensi dari Chuan Quan.

Di sisa pertandingan, Irak lebih mendominasi jalannya pertandingan sementara Vietnam kesulitan menciptakan peluang yang berarti. Keadaan semakin sulit bagi Vietnam setelah kehilangan Nguyen Manh Hung yang harus dikeluarkan dari lapangan karena mendapat kartu merah langsung saat injury time babak kedua berjalan satu menit. Manh Hung diusir wasit karena melanggar Ali Jasim yang mencetak gol kemenangan bagi Irak.

Skor 1-0 untuk Irak bertahan hingga laga usai, dan dengan hasil ini, Vietnam harus menyerah dan gagal melaju ke babak semifinal. Sementara itu, Irak akan bertemu dengan Jepang pada babak semifinal Piala Asia U-23 2024.

Kegagalan Vietnam ini membuat Timnas Indonesia U-23 menjadi satu-satunya wakil dari Asia Tenggara yang melaju ke babak semifinal Piala Asia U-23 2024.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts