Erick Thohir : Kehadiran VAR di Liga 1 Tingkatkan Kualitas Sepak Bola Indonesia

ZQSCORE.NEWS – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, meyakini bahwa penerapan Video Assistant Referee (VAR) di Liga 1 akan membawa dampak positif bagi industri sepak bola Indonesia.

Pasca uji coba tahap ketiga VAR yang dilakukan oleh PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) di Lapangan JSI, Megamendung, Bogor, Erick mengungkapkan keyakinannya bahwa kehadiran VAR akan meningkatkan kualitas liga dan menguntungkan pemain.

“Bagi saya, dengan digunakannya VAR, kualitas liga akan semakin baik, dengan demikian akan semakin baik juga industri sepak bola kita. Pemain akan semakin baik juga mainnya. Dia tahu semua terjaga dengan baik,” ujar Erick Thohir.

Pada tahap uji coba tersebut, delapan kamera dipasang di beberapa titik lapangan selama pertandingan klub Sekolah Sepak Bola (SSB) lokal.

Wasit dan asisten wasit melakukan simulasi operator tayang ulang sebagai pertimbangan dalam keputusan-keputusan krusial, termasuk keputusan gol sah atau tidak sah, pengecekan penalti, potensi pelanggaran yang berujung kartu kuning atau merah, dan kesalahan pengidentifikasian oleh wasit utama atau hakim garis.

Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus, menekankan bahwa semua alat yang diujicoba identik dengan yang digunakan dalam Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia.

“Intinya hari ini, mulai dari alat peraga, simulator, hingga semua peralatan yang digunakan persis seperti yang kita beli dan juga digunakan di Piala Dunia U-17 kemarin (2023),” kata Ferry.

Wakil Ketua Umum PSSI, Ratu Tisha, mengungkapkan bahwa penerapan VAR dapat dimulai saat Liga 1 memasuki seri championship pada 4-26 Mei. Namun, proses ini masih melalui beberapa tahap, termasuk persetujuan dan penilaian terakhir dari FIFA terhadap wasit dan asisten wasit VAR.

“FIFA akan hadir di sini antara 1 hingga 8 Maret untuk melihat latihan terakhir kesiapan di batch 1 (wasit) ini,” tambah Tisha.

Dengan langkah-langkah ini, sepak bola Indonesia memasuki era baru dengan teknologi VAR yang diharapkan meningkatkan kualitas pertandingan dan memberikan keadilan dalam pengambilan keputusan.

FOTO : KOMPAS.com/Ahmad Zilky

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts