Serie A Menuju Perubahan Besar? Dukungan Tiba dari Tiga Klub Besar

ZQSCORE.NEWS – Berdasarkan kabar yang dirangkum oleh Football-Italia, ketiga klub terbesar Italia, yaitu Juventus, Inter Milan, dan AC Milan, mendukung pengurangan peserta Serie A dari semula 20 tim menjadi 18 tim saja.

Dilansir dari Football-Italia, proposal tersebut diajukan oleh Presiden Federasi Sepak Bola Italia (FIGC), Gabriele Gravina, sebagai bagian dari reformasi menyeluruh untuk sepak bola Italia dan mengubahnya agar menjadi lebih tahan lama.

Lega Serie A dan mayoritas klub yang terlibat dalam kompetisi diklaim tidak menyetujui ide ini, namun identitas dari para pendukungnya diketahui.

Berdasarkan laporan yang dihimpun Football-Italia, Juventus, Inter Milan, dan AC Milan maju dalam rapat klub-klub kasta tertinggi Liga Italia pada hari Senin (5/2) dan mengutarakan dukungannya terhadap pengurangan jumlah peserta menjadi 18 tim.

Itu nampaknya bukanlah kebetulan jika ketiga klub ini terlibat dalam proyek European Super League (ESL), sebelum itu kolaps dan ketiganya kini sudah mengundurkan diri.

Dengan pengurangan peserta ini, maka jumlah pertandingan dalam semusim akan berkurang dan memungkinkan tim-tim di kasta tertinggi untuk membagikan uang tunai di antara mereka secara lebih efektif.

Serie A pernah hanya diramaikan oleh 16 tim pada periode 1967 hingga 1988 silam, kemudian ditambah menjadi 18 peserta mulai 1988 dan 20 peserta sejak 2004 silam.

Dalam pertemuan di hari Senin (5/2) kemarin, Presiden Lega Serie A, Lorenzo Casini, juga mengumumkan proses evaluasi tentang apakah mereka akan menggunakan model yang lebih otonom, mengikuti Premier League dengan cara melepas diri dari FIGC.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts