PSSI : Naturalisasi Pemain Timnas Untuk Meningkatkan Kualitas dan Kompetisi di Tanah Air

ZQSCORE.NEWS – Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali, memberikan klarifikasi terkait kebijakan naturalisasi pemain Timnas Indonesia. Dia menyatakan bahwa tujuan utamanya bukanlah untuk menyingkirkan pemain lokal, melainkan untuk meningkatkan kualitas dan daya saing tim nasional.
Pernyataan ini disampaikan dalam rapat kerja Komisi X DPR RI yang membahas permohonan naturalisasi Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan Maarten Paes.

Menurut Amali, kehadiran pemain naturalisasi di Timnas Indonesia diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam motivasi para pemain lokal untuk terus berusaha keras dan meningkatkan kemampuan mereka.

“Dengan mereka masuk ke dalam Timnas [Indonesia], pemain-pemain lokal kita terpacu untuk bersaing karena di satu posisi calonnya banyak,” ujar Amali.

Amali menegaskan bahwa persaingan yang ketat di setiap posisi akan memberikan motivasi bagi pemain lokal untuk terus meningkatkan kualitas permainan mereka.
Dia menambahkan bahwa pemain sepak bola cenderung termotivasi untuk tidak terduduk di bangku cadangan, dan keberadaan pemain naturalisasi dapat menjadi dorongan untuk mencapai performa terbaik.

Mantan Menpora ini juga menyakini bahwa memiliki banyak opsi pemain berkualitas di setiap posisi akan memudahkan pelatih Timnas Indonesia dalam memilih skuad yang sesuai dengan kebutuhan setiap pertandingan.

“Maka, itulah kenapa di setiap posisi itu kita butuh beberapa orang sehingga kalau ada yang cedera atau klubnya tidak mengizinkan, sudah ada yang mengisi,” ungkap Amali.

Amali juga memaparkan road map PSSI yang telah dipresentasikan oleh Erick Thohir di hadapan FIFA, yang menunjukkan kebutuhan minimal 154 pemain di berbagai tingkatan. Dia menyoroti kendala yang mungkin muncul, seperti ketidakizinan klub untuk membiarkan pemain mereka bermain dalam agenda yang tidak termasuk FIFA Match Day.

Di bawah kepemimpinan Erick Thohir, Indonesia telah melakukan naturalisasi terhadap beberapa pemain, seperti Rafael Struick, Ivar Jenner, Shayne Pattynama, Jordi Amat, Justin Hubner, Sandy Walsh, dan Jay Idzes.
Langkah ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam mengangkat kualitas dan prestasi Timnas Indonesia di kancah sepak bola internasional
.

 

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts